Cara Mengatasi Komedo Putih dan Komedo Hitam

Komedo

Bukan hanya jerawat, komedo juga jadi salah satu permasalahan kulit wajah yang kerap dialami oleh para cewek. Kadar minyak yang berlebih di wajah memang menjadi faktor utama kemunculan komedo, terutama di area hidung. Namun, kurangnya menjaga kebersihan kulit wajah juga menyebabkan penumpukan kotoran di pori-pori yang kemudian memicu timbulnya komedo.

Sebelum membahas lebih jauh, kamu perlu mengetahui 2 jenis komedo yang membuat tampilan wajah menjadi kurang maksimal berikut cara mengatasinya. Meskipun keduanya adalah sama-sama pori-pori kulit yang tersumbat. Yuk, simak bersama!

1. Komedo Putih

Selain karena kulit yang berminyak, munculnya komedo putih juga disebabkan karena beberapa hal di bawah ini:

  • Kontak dengan beberapa bahan kimia seperti isopropyl myristate, propylene glycol, dan beberapa pewarna komestik.
  • Pecahnya folikel rambut akibat berbagai trauma seperti memencet jerawat, cuci muka secara berlebihan, peeling menggunakan bahan kimia, atau terapi laser.
  • Merokok, hasil penelitian menunjukkan bahwa komedo putih lebih sering terjadi pada orang yang merokok.
  • Beberapa produk makanan, terutama yang mengandung susu serta kadar gula dan lemak yang tinggi.

Berikut adalah cara mengatasi komedo putih:

Cara terbaik untuk mengatasi komedo putih adalah dengan membersihkan wajah dengan cleanser yang mengandung salicylic acid yang mampu menghancurkan komedo dengan efektif hingga menghilangkan kotoran dari pori-pori. Jika nggak cukup membantu, kamu bisa lakukan facial di salon kecantikan atau melakukannya sendiri di rumah untuk mengeluarkan komedo putih yang tersumbat di dalam kulit. Jika kamu ingin membersihkannya di rumah, pastikan alat yang kamu gunakan terjaga kebersihannya agar nggak menimbulkan infeksi atau justru memperparah kondisi kulitmu.

2. Komedo Hitam

Penyebab kemunculan komedo hitam ini bukan hanya karena perubahan hormon yang memengaruhi produksi minyak di wajah, tapi hal-hal ini juga lho!

  • Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati nggak rontok secara teratur.
  • Meningkatnya jumlah bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid, lithium, atau pil KB.
  • Kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi karena pemakaian pelembap kulit atau berada dalam cuaca yang lembap.
  • Memakai produk dengan bahan kimia tertentu, termasuk pomade yang berminyak dan beberapa cat rambut.

Berikut adalah cara mengatasi komedo hitam:

Cara menghilangkan komedo hitam jauh lebih sulit ketimbang komedo putih, karena bentuknya yang lebih keras dan menempel di kulit. Untuk upaya pencegahannya, kamu perlu menggunakan pembersih wajah yang dapat mengangkat kotoran dengan sempurna dan menggunakan make-up yang bebas kandungan minyak. Sedangkan untuk mengatasinya, gunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah secara teratur. Selain itu, gunakan masker berbahan dasar clay 2 minggu sekali yang ampuh mengangkat komedo hitam dan mengontrol kelebihan minyak pada wajah.

Jadi girls, nggak perlu khawatir lagi saat komedo menyerang. Selama kamu mengetahui seluk beluk dari komedo tersebut, maka upaya pencegahan dan penyembuhannya pun akan lebih mudah.

Kunjungi juga: BDP Wikrama Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + nineteen =